SILABUS
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH
Mata Pelajaran : Rencana Anggaran Biaya
Kelas / Semester : X/I
Standar Kompetensi :
Siswa Memiliki Pengetahuan Tentang Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Bangunan
Alokasi / Waktu :
15 (4 x 40 menit)
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1
|
Pengertian, tujuan dan
fungsi RAB
|
·
Siswa dapat
menjelaskan pengertian dari rencana anggaran biaya
·
Siswa dapat
memahami tujuan dari RAB
·
Siswa dapat
mengetahui fungsi atau kegunaan RAB
|
·
Pengertian dari
Rencana Anggaran Biaya
·
Tujuan dari RAB
·
Fungsi atau
kegunaan penyusunan RAB
|
·
Menerangkan
secara jelas tentang pengertian Rencana dan Anggaran Biaya
·
Memberikan
penjelasan tentang tujuan pembuatanRAB
·
Menjelaskan
bagaimana fungsi RAB secara garis besarnya.
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
1 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
|
1.2
|
Unsur-unsur yang terlibat
dalam pembangunan
|
·
Siswa dapat
menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan
·
Siswa dapat
paham dengan keterkaitan unsur-unsur tersebut dengan pelaksanaan dari
pembangunan
·
Siswa mengerti
tugas dan wewenang dari pada unsur-unsur tersebut
|
·
Unsur-unsur
yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan
·
Keterkaitan
unsur-unsur tersebut dengan pelaksanaan dari pembangunan
·
Tugas dan
wewenang daripada unsur-unsur tersebut
|
·
Menjelaskan
unsur-unsur terlibat di dalam penyelenggaraan pembangunan
·
Memberikan
pengertian dan pemahaman tentang : principal, perencana, pemborong, dan
konsultan pengawas
·
Menjelaskan
keterkaitan hubungan kerja antara principal, perencana, pemborong, dan
konsultan pengawas
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
1 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
|
1.3
|
Struktur organisasi
penyelenggara pembangunan
|
·
Siswa dapat
menjelaskan dua badan struktur organisasi penyelenggaraan pembangunan
·
Siswa mampu
menjelaskan apa yang dinamakan konsultan dan kontraktor
·
Siswa dapat
mengetahui tugas dan fungsi jabatan yang ada dalam struktur organisasi
·
Siswa mampu
menjelaskan jalur komunikasi atau hubungan kerja dalam struktur organisasi
|
·
Struktur
organisasi penyelenggaraan pembangunan
·
Dua badan
struktur organisasi penyelenggaraan pembangunan
·
Tugas dan fungsi
jabatan dalam struktur
·
Jalur
komunikasi atau hubungan kerja dalam struktur organisasi
·
Gambar bagan
struktur organisasi yang terkait dalam penyelenggaraan pembangunan
·
Prasyarat pra
kualifikasi dalam hal administrasi, tenaga kerja, alat dan modal
·
Klasifikasi
perencana berdasarkan kemampuan dan besarnya biaya pekerjaan pembangunan
|
·
Memberikan
pemahaman tentang struktur organisasi penyelenggaraan pembangunan
·
Mengetahui dan
menjelaskan dua badan organisasi penyelenggaraan pembangunan
·
Menjelaskan tugas
dan fungsi jabatan dalam struktur
·
Memahami jalur
komunikasi atau hubungan kerja dalam struktur organisasi
·
Menggambarkan bagan
struktur organisasi yang terkait dalam penyelenggaraan pembangunan
·
Menjelaskan
bagan tersebut sesuai dengan hubungan
kerjanya
·
Mempelajari prasyarat
pra kualifikasi dalam hal administrasi, tenaga kerja, alat dan modal
·
Mengkaji klasifikasi
perencana berdasarkan kemampuan dan besarnya biaya pekerjaan pembangunan
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
1 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
|
1.4
|
Bestek
|
·
Siswa dapat
menjelaskan tentang perencanaan dan langkah-langkah dalam perencanaan
·
Siswa dapat
menjelaskan tentang bestek dan gambar bestek
·
Siswa
mengetahui beberapa cara pelaksanaan pekerjaan
·
Siswa dapat
menjelaskan tentang pelelangan dan macam-macam pelelangan
·
Siswa dapat
menjelaskan tentang pelaksanaan pelelangan
·
Siswa dapat
memahami proses pelaksanaan pelelangan
·
Siswa dapat
menjelaskan pengertian aanwyzing
·
Siswa memahami
tentang penawaran dan syarat-syarat penawaran
|
·
Perencanaan,
hal-hal yang perlu diketahui dalam perencanaan dan langkah-langkah dalam
perencanaan
·
Bestek dan
gambar bestek beserta contohnya
·
Bagian-bagian
dari bestek
·
Cara
pelaksanaan pekerjaan
·
Pelaksanaan
pelelangan
·
Proses
pelaksanaan pelelangan
·
Syarat-syarat
administrasi dalam mengikuti prakualifikasi pelelangan
·
Pengertian
aanwyzing
·
Penawaran dan
syarat-syarat penawaran
|
·
Memberikan
penjelasan tentang perencanaan, hal-hal yang perlu diketahui dalam
perencanaan dan langkah-langkah dalam perencanaan
·
Memberikan
penjelasan tentang bestek dan gambar bestek beserta contohnya
·
Menjelaskan
bagian-bagian dari bestek yaitu : peraturan umum, peraturan administrasi,
peraturan dan tekhnis, dan menjelaskan hubungan antara bestek dan gambar
bestek
·
Memberikan
penjelasan cara pelaksanaan pekerjaan yaitu : dikerjakan sendiri, diborongkan
sebagian dan pelelangan / tender
·
Menjelaskan
proses pelelangan dibawah tangan / menunjukkan, terbatas dan umum/bebas
·
Mempelajari
syarat-syarat administrasi dalam mengikuti prakualifikasi pelelangan
·
Mengkaji bentuk
pengumuman dalam mengikuti pelelangan
·
Memberikan
penjelasan mengenai aanwyzing
·
Menjelaskan
tentang penawaran dan syarat-syarat penawaran
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
3 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
|
1.5
|
Gambar rencana
|
·
Siswa dapat
menjelaskan pengertian gambar rencana
·
Siswa dapat
memahami rincian gambar bestek
·
Siswa dapat mengetahui
bahan-bahan yang digunakan
|
·
Gambar denah
·
Gambar tampak
·
Gambar potongan
·
Gambar kuzenn
·
Gambar
kuda-kuda/rangka atap
·
Gambar plafon
·
Gambar lantai
|
·
Menjelaskan
membaca gambar denah
·
Menerangkan
membaca gambar bestek
·
Menjelaskan
membaca gambar potongan
·
Menjelaskan
membaca gambar kuzen
·
Menjelaskan
membaca gambar kuda-kuda/rangka atap
·
Menjelaskan
membaca gambar plafon
·
Menjelaskan
membaca gambar lantai
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
4 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
·
Bestek dan
gambar bestek
|
1.6
|
Gambar kerja
|
·
Siswa dapat
membaca gambar detail
·
Siswa paham
dengan bagian-bagian gambar detail
·
Siswa dapat
mengidentifiaksi bahan yang digunakan
|
·
Gambar detail
pondasi
·
Gambar detail
kuzen
·
Gambar detail
atap dan rangka atap
·
Gambar detail
plafon
|
·
Menjelaskan membaca
gambar detail pondasi
·
Menjelaskan
membaca gambar detail kuzen
·
Menjelaskan
membaca gambar detail atap dan rangka atap
·
Menjelaskan
membaca gambar detail plafon
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
5 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
·
Bestek dan
gambar bestek
|
Padang, mei 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
yang Bersangkutan,
SAARDIN, S.Pd DEBI
SANDRA
NIP. 19621209
198405 1 001 NIM.
00533 2008
SILABUS
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH
Mata Pelajaran : Rencana Anggaran Biaya
Kelas / Semester : X/2
Standar Kompetensi :
Siswa Memiliki Pengetahuan Tentang Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Bangunan
Alokasi / Waktu :
19 (4 x 40 menit)
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
2.1
|
Perhitungan volume rumah
tinggal type 36
|
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan persiapan
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan beton/dinding
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan kap/atap
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan plafon
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan plesteran
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan lantai
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan pintu/jendela
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan pengecatan
·
Siswa dapat menghitung
volume pekerjaan perlengkapan dalam
·
Siswa dapat
menghitung volume pekerjaan perlengkapan luar
|
·
Pekerjaan
persiapan
·
Pekerjaan
beton/dinding
·
Pekerjaan
kap/atap
·
Pekerjaan
plafon
·
Pekerjaan
plesteran
·
Pekerjaan
lantai
·
Pekerjaan
pintu/jendela
·
Pekerjaan pengecatan
·
Pekerjaan
perlengkapan dalam
·
Pekerjaan
perlengkapan luar
|
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan persiapan
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan beton/dinding
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan kap/atap
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan plafon
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan plesteran
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan lantai
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan pintu/jendela
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan pengecatan
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan perlengkapan dalam
·
Menjelaskan dan
menghitung volume pekerjaan perlengkapan luar
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
13 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
·
Bestek dan
gambar bestek
|
2.2
|
Perhitungan harga satuan pekerjaan
|
·
Siswa dapat
menjelaskan tentang Harga satuan pekerjaan
·
Siswa dapat
mengenalisasiswa mampu membuat harga satuan bahan dan upah pekerjaan
·
Siswa dapat
menjelaskan tentang analisa SNI (standar nasional Indonesia)
|
·
Harga satuan
pekerjaan
·
Analisa bahan suatu
pekerjaan beserta contohnya
·
Analisa upah
suatu pekerjaan beserta contohnya
·
Uraian harga
satuan pekerjaan dalam analisa SNI
|
·
Memberikan
penjelasan tentang Harga satuan pekerjaan
·
Menjelaskan
pengertian Analisa bahan suatu pekerjaan beserta contohnya
·
Menjelaskan
pengertian analisa upah suatu pekerjaan beserta contohnya
·
Memberikan
uraian harga satuan pekerjaan dalam analisa SNI
|
·
Tanya jawab
·
Soal-soal
latihan
|
6 x 40
|
·
Rencana dan
Estimate Real Of Cost
·
Bestek dan gambar
bestek
·
Daftar harga
analisa
·
Harga bahan dari
PU
·
Daftar bahan
dan upah
|
Padang, Mei 2011
Mengetahui,
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
yang Bersangkutan,
SAARDIN, S.Pd DEBI
SANDRA
NIP. 19621209
198405 1 001 NIM.
00533 2008
Komentar
Posting Komentar